Ini Dia 14 Hewan Peliharaan Unik, Lucu, Mudah dipelihara di Rumah dan Cara Perawatannya

Mau tahu apa saja hewan peliharaan yang bisa kamu pelihara di rumah dan bagaimana cara perawatannya. Simak ulasannya dibawah ini!

Memelihara hewan peliharaan di rumah tentunya menjadi hobbi tersendiri bagi sejumlah orang. Selain mampu membuat suasana rumah menjadi lebih hidup, memelihara binatang peliharaan di rumah juga mampu membuat rumah lebih aman dan nyaman. Terdapat berbagai macam hewan peliharaan di rumah yang dapat Anda coba untuk dipelihara, mulai dari kucing, hamster, sugar glader, anjing atau puppies, berbagai macam burung seperti merpati, burung nuri, kakak tua dan lain sebagainya. Memelihara hewan peliharaan tentu membutuhkan perhatian khusus dari Anda sebagai sang pemilik, artinya meski cukup “mudah untuk dipelihara” tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Makanan yang cukup, air dan perawatannya layak untuk Anda berikan. Nah berikut ini daftar hewan peliharaaan unik, lucu dan mudah dipelihara di rumah.

kucing kampung

Kucing Kampung

Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan namun bingung dalam memilih hewan peliharaan yang cocok untuk rumah Anda, kucing kampung solusinya. Kucing jenis ini sangat mudah dalam pemeliharaannya, bahkan saking mudahnya, Anda tak perlu lagi melakukan perawatan badannya layaknya kucing- kucing kelas atas seperti persia dan anggora. Kucing kampung umumnya memiliki bulu yang lebih tipis namun lebih lincah. Warnanya pun beragam, mulai dari hitam loreng- loreng, hitam keputih-putihan, brown atau mix. Kucing kampung bisa dirawat di rumah, artinya Anda cukup membersihkan bulu-bulu, telinga dan hidungnya dengan tisu basah. Sementara untuk perawatan kukunya, Anda cukup merapikannya 2 minggu atau 1 bulan sekali. Kucing jenis ini termasuk ke dalam jenis kucing yang tidak manja, artinya kucing tersebut bisa hidup mandiri bahkan segala macam makananpun bisa Anda berikan kepadanya.

kucing anggora

Kucing Anggora

Hewan peliharaan selanjutnya yang layak Anda pertimbangkan untuk dipelihara adalah anggora. Jenis kucing yang satu ini cukup cantik dan bersih. Namun jika Anda berhasrat untuk memelihara kucing yang satu ini, siapkan budget lebih sebab tak sembarang makanan bisa dikonsumsi oleh kucing jenis ini. Perawatan bulunya yang panjang pun juga perlu diperhatikan. Meski tergolong mudah dipelihara, namun treatment perawatan antara kucing kampung dan anggora jelas berbeda. Untuk perawatannya, Anda bisa memberinya makanan-makanan kemasan seperti Wiskas dan sejenisnya. Perhatikan pula tempat tinggal atau kandangnya, jangan sampai justru hal ini membuat kucing Anda sakit-sakitan dan mati. Salah satu ciri kucing anggora yang tidak sehat adalah bulunya yang mulai rontok. Jika Anda sebagai si pemilik mendapati bulunya rontok, konsultasikan segera ke dokter hewan. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya, jika perlu semprot dengan cairan anti septik agar selalu bersih dan higienis.

kucing persia

Kucing Persia

Satu lagi jenis hewan peliharaan yang terkenal lucu namun mudah dalam perawatannya. Yakni kucing persia. Kucing jenis ini memiliki bulu yang indah layaknya anggora, namun dengan bentuk moncong yang lebih unik jika dibandingkan dengan anggora. Persia juga memiliki bulu yang lebih lebat dan tebal, bahkan ukurannya bisa mencapai 2-3 cm. Kucing jenis ini merupakan kucing yang paling mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Perawatannya pun tak kalah gampang dengan kucing anggora, cukup sediakan makanan kemasan dan air maka kucing persia bisa makan dengan lahapnya. Sesekali Anda juga bisa memandikannya dengan air hangat. Cara ini dilakukan agar bulu-bulu halus yang ada pada kucing persia tersebut tidak rontok dan tetap kuat.

anjing pomeranian

Anjing Pomeranian

Merupakan hewan peliharaan selanjutnya yang dapat Anda coba untuk dipelihara. Jenis anjing ini sangatlah unik. Meski dapat tumbuh dengan ukuran yang kecil, namun jenis anjing yang satu ini cukup mudah diatur, dan bahkan bisa beradaptasi secara lebih cepat dengan sang pemiliknya. Anjing jenis ini suka tinggal di tempat atau habitat yang bersih. Bulu-bulu sangat indah dan panjang mirip sekali seperti boneka anjing yang ada di toko boneka. Kebanyakan anjing ini berwarna putih dengan bulu lebat, namun warna lain yang juga menarik adalah perpaduan putih dan brown. Meski demikian putih brown umumnya memiliki harga yang lebih mahal dari spesies pemoranian yang berwarna putih.

Anjing jenis ini termasuk anjing yang lucu dan menggemaskan. Ia mampu berlarian kesana kemari dan selalu ceria. Untuk merawat bulunya yang lebat, Anda bisa menggunakan sisir khusus. Jika diperlukan, Anda bisa memandikannya 2 minggu sekali dan gunakan shampoo khusus anjing untuk menjaga bulu-bulunya agar tidak rontok. Setelah itu bisa Anda keringkan dengan hair dryer.

hamster

Hamster

Hamster juga termasuk dari daftar hewan peliharaan lucu yang mudah dipelihara. Bentunya sekilas mirip dengan tikus atau mencit, namun jika dicermati, hamster jauh lebih cantik dan bersih. Habitatnya pun juga bersih, tidak seperti tikus yang notabene berada di tempat-tempat yang kotor dan bau. Spesies hamster sangatlah banyak dan merupakan spesies terbesar di Asia dan Eropa. Bentuknya yang kecil dengan bulu yang lebat, ditambah dengan berjalannya yang sangat cepat membuat binatang yang satu ini selalu jadi incaran para pecinta hewan. Harganya pun terbilang murah bahkan makanannya juga cukup mudah didapat, seperti biji-bijian dan kuaci.

Hewan peliharaan yang satu ini juga memiliki beragam warna, seperti coklat, hitam abu-abu, warna putih bahkan ada spesies hamster langka yang warnanya merah. Pemeliharaannya pun sangat mudah, cukup bersihkan kandangnya secara berkala dan beri makan secara teratur. Cukup berikan ia kandang kecil dengan ayunan berputar, kemudian tempatkan tempat pakan kecil dan isi dengan biji-bijian atau buah yang ukurannya kecil.

landak mini

Landak Mini

Landak ternyata ada versi mininya lho?. Ya, landak yang satu ini  bukanlah landak yang ukurannya besar dan berbahaya. Jenis landak yang satu ini memiliki ukuran yang kecil layaknya seeekor hamster dengan kombinasi bulu hutam putih. Ukurannya yang kecil, yakni hanya segumpalan tangan saja membuat binatang yang satu banyak diminati. Selain hitam dan putih, spesies landak mini ini juga tersedia dalam warna coklat atau brown.

Berbeda halnya dengan spesies duri landak besar, landak kecil memiliki ukuran duri yang mini sehingga tidak akan berbahaya bila disentuh. Untuk merawatnya pun terbilang mudah, cukup sediakan kandang berukuran kandang burung, tempatkan tempat pakan kecil yang nantinya akan diisi berbagai macam makanan landak mini. Lantas apa saja jenis makanan yang cocok untuk landak mini?. Landak mini termasuk jenis omnivora, makanan yang dapat diberikannya diantaranya ulat hongkong, kroto, kacang polong dan beraneka buah-buahanpun disantap oleh landak mini.

marmut

Marmut

Mungkin Anda sulit membedakan antara marmut dan hamster?. Marmut merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Baik marmut maupun hamster sebenarnya masih dalam satu spesies yang sama, hanya saja marmut memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hamster. Marmut terkenal lebih jinak jika dibandingkan dengan hamster, bentuknya yang besar bisa dielus-elus dan bahkan jika merasa nyaman marmut akan tetap berada disitu. Berbeda halnya dengan hamster yang umumnya akan lari ketika disentuh.

Lalu makanan apa yang bisa dimakan oleh marmut?, umumnya marmut diberi makan rumput, namun tidak menampik kemungkinan jika Anda juga memberinya biji-bijian dan buah-buahan. Tak lupa sediakan air pula di kandangnya agar ia tak kehausan.

kelinci new zaeland

Kelinci New Zaeland

Merupakan jenis kelinci yang selalu hadir dalam serial Telettubies. Kelinci new zaeland memiliki ukuran yang lebih besar dari kelinci kampung. Bahkan ada yang beratnya mencapai 6 kg lho! Ada yang memelihara jenis kelinci ini sengaja untuk olahan makanan, namun tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai kelinci hias sebab bulunya yang putih bersih dan memiliki keunikan tersendiri.

Sama seperti kelinci pada umumnya, jenis kelinci New Zaeland ini dapat diberi makan dengan buah-buahan segar, tomat, wortel maupun sayuran. Cara perawatannya pun terbilang mudah. Cukup sediakan kandang khusus berukuran paling tidak 2 X 2 meter, semakin banyak kelinci yang ada, maka semakin luas pula kandangnya. Bersihkan kandangnya satu minggu sekali agar tidak bau dan kelinci selalu dalam keadaan sehat. Dalam keadaaan sehat, kelinci ini mudah berkembangbiak. Uniknya sekali melahirkan bisa mencapai 10 hingga 12 ekor.

kelinci netherland dwaf

Kelinci Netherland Dwaf

Tak banyak yang tahu jika kelinci netherland dwaf juga layak dijadikan sebagai hewan peliharaan.  Jenis kelinci ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis kelinci New Zaeland. Bulu yang lebat ditambah lagi dengan ukurannya yang kecil membuat binatang yang satu ini banyak jadi incaran para pecinta binatang. Umumnya kelinci dwaf memilii warna putih menyeluruh atau coklat saja.

Sama seperti spesies kelinci lainnya, pastikan Anda selalu memberinya makan yang sehat dan membersihkan kandangnya agar kelinci tidak mudah terserang penyakit.

kura-kura

Kura-kura

Berbicara tentang binatang peliharaan, kura-kura juga bisa lho jadi binatang peliharaan favorit Anda. Binatang ini termasuk ke dalam kategori binatang hias yang sangat mudah dirawat dan dikembang biakkan. Beberapa jenis kura-kura memang tidak diizinkan untuk dipelihara karena spesies tertentu memang telah punah. Namun untuk jenis kura- kura air yang tidak dilindungi, bisa Anda pelihara sendiri sebagai hewan peliharaan di rumah.

Kura-kura termasuk ke dalam hewan yang dapat hidup di dua alam oleh sebab itu pastikan jika  kandangnya kering. Sebab umumnya kura-kura akan cepat mati jika kandangnya justru lembab. Meski hidup di dua alam, namun kura-kura lebih suka menghabiskan waktunya di pesisir pantai. Oleh sebab itu tambahkan pula pasir pantai di kandangnya. Kandang kura-kura dapat berupa akuarium bekas ikan, yang diberi pasir, dan beberapa batu-batu warna-warni untuk mempercantik.

love bird

Love Bird

Hewan peliharaan selanjutnya yang bisa Anda pelihara adalah love bird. Sepertihalnya namanya “Love” yang berarti cinta. Love bird termasuk jenis hewan peliharaan yang akan mudah bercinta jika menemukan pasangan yang idea baginya. Oleh sebab itu perkembang biakannya pun terbilang cukup mudah. Ciri khas dari burung love bird ini adalah warnanya yang beragam, mulai dari hijau muda, kombinasi dengan hijau tua, merah, kuning semua menyatu ke dalam satu badan burung. Lucu bukan?.

Sekilas jenis burung ini nampak seperti kakak tua, namun jika diperhatikan, ukuran love bird tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan kakak tua. Dan love bird juga tidak bisa menirukan suara manusia layaknya kakak tua. Selain sebagai hewan peliharaan, love bird juga bisa dijadikan peluan usaha bagi Anda sebab jika diternakkan atau dikembangbiakkan menjadi banyak, maka love bird dapat dijual kembali dengan harga yang fantastis. Nah, berminat untuk memelihara love bird?

kakak tua

Kakak Tua

Bentuknya hampir mirip dengan love bird, hanya saja ukurannya lebih besar. Burung jenis ini memang sangat human  friendly sekali karena pada dasarnya kakak tua merupakan jenis burung yang dapat dilatih dan patuh pada tuannya. Jenis burung ini umumnya tersebar di wilayah Indonesia bagian timur seperti di Papua Nugini  dan Australia. Burung jenis ini memiliki kecerdasan di atas rata-rata oleh sebab itu, beberapa dari mereka bahkan ada yang bisa menirukan suara manusia seperti perkataan “Assalamualaikum”, “selamat pagi” dan sebagainya.

Anda sebagai tuannya, hendaknya selalu rajin memberinya latihan suara agar si kakak tua dapat mengoceh layaknya manusia. Kakak tua juga memiliki jambul khas yang umumnya memiliki warna yang berbeda dari tubuhnya. Paruhnya yang sedikit bengkok juga mampu membuat burung jenis banyak digemari untuk dipelihara. Untuk makanan, kakak tua umumnya diberi makananan biji-bijian dan buah-buahan. Sedangkan untuk tempat tinggal, kakak tua biasanya dipajang di depan rumah sebagai penjaga rumah yang setia. Cukup sediakan ayunan dari besi dan talikan kakinya dengan rantai agar tidak lepas.

ikan mas

Ikan Mas

Hewan peliharaan juga tak melulu harus binatang darat. Binatang air seperti ikan mas juga bisa jadi hewan peliharaan yang mudah dalam merawatnya. Seperti namanya, ikan mas ini memiliki warna oranye keemasan. Jika ditempatkan pada aquarium, tubuhnya menyala kuning keemasan dan berkilau.

Uniknya, meski harganya cukup mahal, selain dijadikan ikan peliharaan, ikan mas ternyata juga bisa jadi hidangan lho!. Masakan Weastern umumnya menggunakan ikan mas koki untuk sajiannya di resto- resto besar dan hotel berbintang. Sama seperti ikan pada umumnya, Anda cukup sediakan aquarium berukuran sedang, isi air dan rumah-rumahan di dalamnya beserta jenis bebatuan. Tak lupa siapkan aerator sebagai tempat udara masuk. Untuk perawatan, beri makanan khusus ikan, tak boleh terlampau banyak dan juga tidak boleh terlampau sedikit. Secukupnya saja. Sebab jika kebanyakan, maka akan membuat air menjadi keruh dan menimbulkan bau yang tak sedap.

iguana

Iguana

Iguana merupakan satu diantara hewan peliharaan terakhir yang mudah dirawat. Bentuknya sangat besar dan cantik. Binatang ini termasuk ke dalam jenis hewan reptil yang termasuk dalam kelas hewan kadal. Binatang ini dapat ditemukan dengan mudah di wilayah Amerika dan Asia. Meskipun terlihat buas, namun hewan yang satu ini ternyata merupakan hewan kesayangan manusia. Jika Anda pecinta reptil dan pemula, pilihlah iguana berwarna hijau. Iguana hijau ini umumnya lebih jinak dan lebih pandai beradaptasi.

Namun pastikan jika Anda menjauhkan kandang binatang ini dari anak di bawah umur, sebab akan cukup berbahaya jika ada balita yang mencoba memaikannya. Untuk makanan, reptil yang satu ini menyukai ulat bulu, serangga seperti jangkrik, pelet kering, sayuran dan biji-bijian. Untuk kandangnya sendiri, Anda bisa membuatnya dari besi atau kayu. Pastikan jika kandangnya cukup sirkulasi udara, bersih dan sehat. Lakukan pembersihan kandang iguana setidaknya 1 minggu sekali.

Kesimpulan

Demikian daftar 14 hewan peliharaan yang unik, lucu, mudah dipelihara dirumah serta bagaimana cara merawatannya. Nah, dari jenis hewan peliharaan di atas mana yang hendak Anda pelihara sebagai hewan kesayangan?

Bagikan